Perkembangan Game Moba Hingga Jadi Genre Paling Disukai Part 2

Perkembangan Game Moba Hingga Jadi Genre Paling Disukai Part 2 – Halo kawan kawan gamers diseluruh nusantara, bertemu lagi dengan mimin dalam pembahasan perkembangan game moba hingga menjadi genre game yang paling disukai. Bila kamu belum membaca part pertamanya, silahkan dibaca dulu terlebih dulu ya , dan tidak perlu berlama lama lagi, yuk langsung kita lanjutkan pembahasan kita.

BACA JUGA : Perkembangan Game Moba Hingga Jadi Genre Paling Disukai Part 1

Seperti yang telah dibicarakan pada artikel sebelumnya, ada 2 developer besar yang bersikukuh untuk menciptakan game baru yang akan menjadi sekuel dari game dota ini. Blizzard sebagai developer dari warcraft III yang dijadikan game utama dari map dota memang sudah berambisi dalam menciptakan game moba sendiri, akan tetapi icefrog telah terlebih dahulu mempunyai kontrak dengan developer game valve untuk membuat dota 2.

Perkembangan Game Moba Hingga Jadi Genre Paling Disukai Part 2

Sehingga akhirnya keduanya membuat dua game dengan nama yang berbeda , dimana valve membuat dota 2 dan blizzard akhirnya menamakan game mereka Heroes Of The Storm. Dan karena lisensi model yang digunakan pada game dota 1 adalah milik blizzard akhirnya dota 2 pun harus mempunyai hero dengan model sendiri yang cukup berbeda misalkan saja skeleton king yang sekarang berubah menjadi wrath king.

Perkembangan Game Moba Hingga Jadi Genre Paling Disukai Part 2

Selain itu seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya juga, guinsoo dan riot games juga membuat sebuah game moba yang mereka namakan League of Legends. Karena guinsoo adalah developer dari dota all-star, maka tidak aneh rasanya jika banyak hero di league of legends memiliki beberapa kesamaan dengan hero yang ada di dota all-star. Dan walaupun game ini kurang mendapatkan respon di Indonesia tapi game ini akhirnya menjadi game terlaris didunia.

 

Perkembangan moba pun semakin bertumbuh dengan pesat semenjak muncul turnamen turnamen yang berhadiah luar biasa, dan semua di mulai dengan League of Legends World Championship yang digelar pada juni 2011. Turnamen ini mengundang 8 tim dari Amerika Utara, Eropa, China dan Asia Tenggara, dan akhirnya team Fnaticdari eropa berhasil menjadi juara pertama dan berhasil membawa pulang uang sebesar $ 100.000.

Dan seperti tidak mau kalah, valve pun juga meluncurkan turnamen serupa dengan nama The International 2011. Bahkan valve pun menggebrak dengan memberikan hadiah yang tidak main main lagi karena juara utama dari turnamen ini akan mendapatkan 10 kali lipat dari turnamen League of Legends sebelumnya karena akan langsung memboyong $ 1.000.000. Sehingga tidak aneh jika pemenangnya langsung menjadi game terkaya di dunia.

Dan perkembangan moba pun tidak berhenti sampai disitu saja, jika dulu game moba hanya bisa kita mainkan melalui PC saja sekarang permainan moba ini juga sudah bisa dengan mudah kita mainkan menggunakan smartphone. Walaupun tidak jelas game mana yang pertama kali muncul, namun kepopuleran moba di smartphone pertama kali dikarenakan oleh game Vainglory.

Akan tetapi game vainglory ini sangat membutuhkan koneksi yang baik dan smartphone yang cukup untuk menunjang sistem dari game ini, sehingga game moba pada mobilephone pun baru benar benar booming di tahun 2016 yaitu ketika moontoon mengeluarkan game mereka yang mereka beri nama mobile legends : bang bang.

Game moba di handphone ini juga tidak mau kalah dalam menghadirkan turnamen untuk mengdongkrak jumlah pemain mereka, bahkan mobile legends sendiri akhirnya mengeluarkan kejuaraan dunia yang mereka namakan M1 pada akhir tahun lalu. Dan kita sebagai rakyat Indonesia bisa berbangga karena tim pertama yang menjuarai kejuaraan dunia mobile legends ini berasal dari negeri ini, bahkan pada grand final turnamen tersebut mempertemukan 2 tim dari Indonesia yaitu Evos Legends dan RRQ Hoshi.

Dan  sekian dulu pembahasan saya tentang perkembangan moba hingga menjadi seperti sekarang ini, terima kasih telah sudi membaca tulisan saya ini dan sampai jumpa lagi di kesempatan berikutnya. Akhir kata dari saya tetap semangat dan teruslah bermain!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *