Perkembangan Game Moba Hingga Jadi Genre Paling Disukai Part 1

Perkembangan Game Moba Hingga Jadi Genre Paling Disukai Part 1 – Zaman sekarang hampir seluruh peminat games pasti sudah tahu tentang moba, atau malah memang menjadi genre game yang paling dia sukai.

Moba adalah singkatan dari multiplayer online battle arena, game ini sangat disukai karena pemain dan juga para penontonya bisa merasakan keseruan dalam mengadu strategi. Apalagi permainan moba ini dimainkan oleh 5 pemain dalam 1 tim, sehingga untuk bisa menang maka team work juga sangat penting sekali.

Perkembangan Game Moba Hingga Jadi Genre Paling Disukai Part 1

Dunia E-Sports pun saat ini didominasi oleh game game moba, dimana ketika sebuah turnamen besar digelar, jumlah orang yang menonton secara live bisa mencapai puluhan ribu orang. Itu baru yang secara live saja ya, yang menonton secara online bahkan mencapai jutaan orang loh, maka dari itu tidak aneh juga kalau sekarang tim tim olahraga biasa juga mau ikut serta dalam dunia moba ini.

Namun moba tidak langsung menjadi besar seperti ini, pastinya ada proses dibalik berkembangnya game game moba. Maka dari itu pada kesempatan ini mimin mau ngajak teman teman untuk membahas perkembangan game moba hingga sekarang bisa menjadi genre yang paling disukai tidak hanya oleh para pemainnya saja, tapi juga para penikmat dan penonton yang akhirnya menjadi supporter dari tim tim e-sport di dunia moba.

Perkembangan Game Moba Hingga Jadi Genre Paling Disukai Part 1

Game yang menjadi cikal bakal game moba adalah Aeon of Strife, game ini adalah sebuah map modifikasi di game strarcraft. Namun jika dibandingkan dengan game aslinya map ini memang sangatlah berbeda, karena starcraft sendiri yang adalah sebuah game RTS (Real Time Strategy) sehingga kita bukan cuma mengontrol  1 karakter saja.

Aeon of strife ini akhirnya menginspriasi seorang pemain lainnya yang juga mempunyai hobby untuk membuat map modifikasi, orang itu bernama Kyle Sommer atau yang lebih dikenal sebagai Eul. Tapi karena tidak puas dengan sistem map editor di starcraft maka ia memutuskan untuk membuat map di game blizzard lainnya yaitu Warcraft III : Reign of Chaos, dan map game itu akhirnya ia namakan Defense of The Ancient.

Kelahiran DotA

Tidak butuh waktu lama hingga map modifikasi ciptaan Eul ini menjadi populer, bahkan kepopuleran map ini membuat banyak sekali mod programmer yang ikut serta mengembangkan map ciptaan mereka masing masing. Dan diantara banyak map mod yang mengambil tema yang sama dengan game besutan Eul , dotd allstar yang muncul pertama kali di maret 2004 adalah game yang paling banayk dimainkan oleh pemain lainnya. Saking banyaknya orang yang menyukai game ini membuat sang pencipta map dota all-star Steve “Guinsoo” Feak di kontrak oleh sebuah developer game baru.

Karena sang pencipta map telah mempunyai kontrak dengan developer game baru membuat perkembangan dota menjadi melambat, namun dalam waktu kurang dari 1 tahun akhirnya muncul lah sosok legendaris yang akhirnya bertekad untuk memajukan dan menyempurnakan game dota ini.. Sosok tersebut adalah Icefrog.

Icefrog memang akhirnya mengembangkan dota sejak lama dan masih terus aktif hingga saat ini. Melalui map yang ia rancang dengan sangat baik membuat game yang berawal dari sebuah modifikasi map ini menjadi salah satu cabang game di turnamen E-sport terbesar pada masanya yaitu WCG (World Cyber Games).

Ketenaran dota membuat 2 developer game terbesar yaitu Blizzard Entertainment dan Valve mencoba untuk membuat game dota menjadi sebuah game independent untuk menjadi sekuel dari game ini agar bisa bersaing dalam segi grafis dengan game game terbaru.

Penasaran developer mana yang akhirnya berhasil membuat sekuel dari dota? Silahkan ikuti kisah selanjutnya di artikel berikutnya ya. Karena masih panjang sekali perjalanan yang dilalui oleh game game moba hingga mencapai tahap yang sekarang ini, terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. Ciao.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *